Unsecured debt consolidation loan


Sunday, 8 May 2011

Kerusuhan di Kaskus

Beberapa hari ini sedang gembor-gembornya membicarakan "kerusuhan" di kaskus, yang disebabkan oleh pengunduran diri beberapa momod (baca: moderator) di forum terbesar di Indonesia ini. Beberapa thread dan artikel menanggapi masalah ini mulai bermunculan di dunia maya.

Berikut adalah informasi tentang masalah ini yang saya dapatkan dari DailySocial.net
  • Kaskus, sejak kemarin mengalami lonjakan traffic sebesar 30 persen
  • Administrator menganggap hal ini sebagai sebuah tanda bahwa masih terdapat perhatian yang besar dan kepedulian para anggota forum
  • Lima moderator memang mengundurkan diri dalam 24 jam terakhir melalui saluran privat
  • Tidak ada kebenaran desas-desus bahwa moderator mencari hadiah atau pembayaran atas jasa mereka atau mereka dibebaskan atau diminta untuk mengundurkan diri
  • Kaskus menyesalkan bahwa berita ini telah menimbulkan spekulasi mengenai sifat pengunduran diri dan meminta anggota Kaskus untuk tidak percaya rumor tersebut

Berikut adalah beberapa info yang saya dapatkan dari salah satu thread di forum tersebut.
[Ternyata momod forum terbesar di Indonesia tidak digaji lho!! kok mw yah??]

  1. Momod tidak digaji dan tidak pernah mendapat gaji dari manajemen. Momod bekerja secara sukarela karna kecintaan dengan komunitas
    Walaupun begitu, momod mendapat tugas dan tanggung jawab. Sekali lagi hal ini karena faktor komitmen dengan point no.1. Disisi lain momod mendapatkan kekuasaan dan penghargaan.
  2. Beberapa tahun terakhir kaskus sudah kentara ke arah komersil, banyak dana masuk dari iklan, donatur, dll. Tapi hal ini bukan wilayah momod dan tidak merubah point no.1
  3. Yang digaji hanyalah manajemen kaskus (admin, marketing, investor, programmer, dll)
  4. Dengan memegang komitmen momod, admin berhak "memarahi" momod jika kurang becus menjalankan tugas
  5. Momod orientasinya murni kecintaan dengan kaskus, mimin bergeser orientasinya menjadi komersil, -walau gak terlalu nampak. Doi hanya minta agar kaskus teratur dan bersih dari bokep dan junker. Sehingga akses kaskus lebih cepat dan kredibilitas kaskus di mata pemasang iklan meningkat.

Lalu kenapa ada momod yang resign? Apakah karena masalah uang/bayar? Cek in out.
  1. Baru-baru tadi terdapat rapat antara manajemen, admin, dan momod mengenai kebijakan baru yang akan diberlakukan.
  2. Sebagian kecil momod tidak sependapat dengan kebijakan baru tersebut, dengan alasan momod terlalu ditekan dan dibatasi. Momod juga memberikan masukan dan usulan lain. Sayangnya admin menyikapinya dengan kurang elegan (marah/arogan). Ini adalah point utamanya
  3. Beberapa momod menyindir (tapi tidak disampaikan di forum), Hargailah pekerja sukarela ini selayaknya, beda ceritanya kalau kami adalah karyawan mimin dan mendapatkan gaji. Kalo digaji mah, tanggung jawab seabrek juga dijabanin, aturan2 bagaimanapun juga siap dilaksanakan. Ini adalah point sekunder.
  4. Makanya muncul avatar : mimin pelit. Walau beberapa momod bilang ini bercandaan, tapi sebenarnya ini hal yang juga patut dipikirkan untuk kedepannya.
  5. Sikap 'arogansi' mimin terhadap usulan momod tersebut, mendapatkan simpati dari pihak momod yang lain. Secara tidak langsung mereka setuju dengan keberatan tersebut. Mereka mengancam akan mundur dari moderator. Beberapa sudah ada yg resmi mundur. Sekali lagi, etisnya mereka tidak ada satupun yang menyangkutkan mimin dalam alasan pengundurannya. Ada yg beralasan anaknya sudah sembuh, ada yg sibuk d dunia nyata, dll.
  6. Blunder, tersirat mimin mempersilakan pemunduran tersebut, dan terdapat "statement" sanggup memoderasi kaskus tanpa bantuan momod yang mogok.
Wah kalau dilihat dari kasusnya seh kasian juga jadi momod. Udah kerja cape-cape, ga dibayar, ditekan dan dimarahin pula. Ternyata dibalik suksesnya sebuah forum besar (baca: kaskus) ada hal-hal yang sangat memalukan. Apalagi kan beberapa waktu lalu kaskus bekerja sama dengan Global Digital Prima (GDP) Venture (masih bagian dari Djarum katanya), pastinya dapet duit gede dong! Tapi katanya momod ga dapet sepeser pun. Rakus juga yah ownernya kaskus. iiiih!!!

Kalau begini terus bisa-bisa akan muncul forum exkaskus.us atau bukankaskus.us yang isinya manta-mantan momod yang tidak dihargai oleh kaskus. hahaha...

10 comments:

Info yang menarik... baru tahu dari sini gambaran ceritanya ...siiiip

Ehm ini toh yang katanya kaskus lagi bermasalah. kayanya2 udah klimaks dan tinggal menunggu kaskus memudar...

@aNdik's ™ : hahaha... makasih gan..
@mas arief : iyah mas, mudah"an jgn sampai bgtlah.

wkwkwkwkw... ternyata...

wah ternyata disana sini rame, mantap gan,,,
katanya ada urusan dengan fjb juga tuh momod ga boleh jualan
kecuali id klonengan... tanya kenapa ?
cir :ngacir:

Semoga segera berakhir dengan memuaskan semua pihak, amien.....

Hmmm...salut jg dengan Kaskus bisa merekrut banyak momod freelance..... wah.... jika saya bikin forum baru... pada mau gak yah?

kalo saya mah cuma mantan pengguna kaskus yang sudah direhabilitasi .
ahahaa..

yudiesajalah

wah, baru tau juga kejadian di kaskus bisa seperti ini.. nice shared

Post a Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner