Unsecured debt consolidation loan


Wednesday, 22 December 2010

Menampilkan Tanggal Dengan PHP [2]

Sebelumnya kita pernah membahas tentang cara menampilkan tanggal hari ini dengan PHP. Namun pada artikel tersebut, kita masih menggunakan tanggal dalam bahasa Inggris.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara menampilkan tanggal dalam bahasa Indonesia. Untuk melakukan hal tersebut kita akan melibatkan makhluk yang bernama Array. Tanpa perlu banyak basa-basi, langsung aja ke contoh coding nya deh.

<?
$nama_hari = array('Minggu', 'Senin', 'Selasa', 'Rabu', 'Kamis', 'Jumat', 'Sabtu');
$nama_bulan = array('Januari', 'Februari', 'Maret', 'April', 'Mei', 'Juni', 'Juli', 'Agustus', 'September', 'Oktober', 'Nopember', 'Desember');

$hari = date('w');
$bulan = date('n') - 1;

$tanggal = date('j');
$tahun = date('Y');

$hari_ini = $nama_hari[$hari];
$bulan_ini = $nama_bulan[$bulan];

$today = $hari_ini.', '.$tanggal.' '.$bulan_ini.' '.$tahun;
echo $today;
?>

Pertama kita simpan dulu nama-nama hari dan bulan yang akan dicetak ke layar di dalam Array.
$nama_hari = array('Minggu', 'Senin', 'Selasa', 'Rabu', 'Kamis', 'Jumat', 'Sabtu');
$nama_bulan = array('Januari', 'Februari', 'Maret', 'April', 'Mei', 'Juni', 'Juli', 'Agustus', 'September', 'Oktober', 'Nopember', 'Desember');

Setelah itu kita gunakan fungsi date() untuk mendapatkan nilai dari hari ini dan bulan ini (berupa angka).

$hari = date('w');
$bulan = date('n') - 1;

Jika kita cetak nilai dari variabel $hari dan $bulan ke layar maka yang akan tampil hanya angka saja.

NOTE: Kita mengurangi nilai dari variabel $bulan dengan 1(satu) agar angka yang dihasilkan dimulai dari 0(nol) sesuai dengan ketentuan Array yang selalu dimulai dari 0(nol).

Berikutnya setelah kita berhasil mendapatkan angka/nilai hari dan bulan ini adalah mengisikan angka/nilai yang diperoleh di variabel $hari dan $bulan menjadi index Array dengan kode berikut:

$hari_ini = $nama_hari[$hari];
$bulan_ini = $nama_bulan[$bulan];

Nah, jika kita cetak variabel $hari_ini dan $bulan_ini ke layar maka akan tampil hari dan bulan dalam bahasa Indonesia.

Sekian tutorialnya, silakan dicoba. Mudah-mudahan membantu yah. :)

1 comments:

sory coy kayaknya lo lg belajar ya??
code koding untuk mengetahui index dari hari pada php dengan menggunakan date('w') itu tidak bisa untuk php versi 5 keatas, apalagi server-server sekarang udah menggunakan php hight version. OK met belajar aja.

Post a Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner