Unsecured debt consolidation loan


Thursday, 30 December 2010

Menampilkan File Upload

Kalau ada proyek, pasti waktu untuk menulis di blog ini tersita. Haduh!! Tapi akhirnya sempet nulis lagi untuk blog ini.

Tadi pagi, saya mendapatkan chat dari rekan YM saya, rizky_gas, tentang bagaimana cara menampilkan file yang sudah diupload menggunakan script buatanku di sini. Namun saya belum sempat membalas chatnya karena YMnya saya subscribe via SMS n saya masih tidur tadi (hehehehehe....), mohon maaf yah gan.

Sekarang langsung aja deh kita bahas pertanyaan dari rekan saya tersebut.


Untuk menampilkannya kita bisa menggunakan fungsi opendir() dan readdir() pada PHP. Mungkin script yang saya buat ini tidak secanggih punyanya mbah google (blogger.com) atau punyanya om wordpress, tapi mudah-mudahan bisa membantu dan menjadi bahan belajar para pengunjung blog ini.

To the point, langsung ke scriptnya ajah yah.
<?
$dir="images";
$file=opendir($dir);

echo "<center><table border=0 cellpadding=4>
<tr bgcolor='#CCCCCC'><th>File Name</th><th>Preview</th></tr>";

while($baca=readdir($file)){
    echo "<tr><td>$baca</td><th><a href='javascript:void(0)' onClick=\"window.open('$dir/$baca', 'Preview $baca', config='height=500, width=550, scrollbars=yes')\">Preview</a></th></tr>";
}
echo "</table>";
?>

PENJELASAN SCRIPT
$dir="images";
$file=opendir($dir);
Pada potongan kode di atas, kita mencoba untuk membuka direktori bernama images, yaitu direktori tempat kita menyimpan gambar/file upload. Nama direktorinya bisa diganti sesuai dengan keinginan dan selere sobat.

while($baca=readdir($file))
Nah pada blok kode di atas, kita mencoba untuk melihat isi/file di direktori images. Kita menyimpannya dalam looping while() karena di dalam folder images mungkin saja terdapat lebih dari satu file.

Berikutnya kita tampilkan nama filenya di dalam looping while(), tidak lupa juga kita sediakan link untuk melihat previewnya (kalau filenya berupa gambar).

Berikut adalah tampilan yang akan dihasilkan dari kode program tersebut. Mungkin akan sedikit berbeda dengan yang sobat miliki, karena file-filenya pasti beda kan. Hehehe...


Selamat mencoba yah! Jangan lupa komentar cuy...:)

2 comments:

ini bagus buat bahan belajar :)
Selamat Tahun Baru....

MAKASIH ATAS INFINYA, SAYA SEKARANG JUGA MEMBUAT WEBSITE

Post a Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner