Unsecured debt consolidation loan


Saturday, 25 September 2010

Dunia Bisnis Online di Indonesia

Bisnis Online? Apaan tuh?? Bisnis online adalah sebuah bisnis yang dipasarkan melalui dunia maya, yang biasa kita kenal dengan sebutan “internet”. Produk yang dijual di dunia maya pun beragam macamnya, mulai dari produk digital seperti software, ebook, video tutorial, dll. Bahkan sampai produk fisik/nyata yang dipasarkan secara online, seperti pakaian, asesoris, dll.

Tapi sekarang ini, banyak orang yang beranggapan bahwa bisnis online adalah sebuah bisnis yang hanya bisa membuat orang-orang bisa “bermimpi indah” untuk menjadi kaya lewat internet tanpa perlu susah payah, hanya duduk diam di depan komputer dan tinggal tunggu uang mengalir ke rekeningnya. Namun semua itu tidak bisa diwujudkan dalam kehidupan nyata, yang didapat hanyalah abis modal, abis waktu, abis kesabaran dan abis kepercayaan ama bisnis online.


Wah, benar gak tuh yah?

Kalau menurut saya itu gak benar tuh. Bisnis online itu juga perlu usaha dan kerja keras sama seperti di bisnis konvensional (baca offline). Duduk diam di depan komputer tanpa susah payah uang masuk ke rekening, habislah peradaban suatu bangsa kalau semua penduduknya menganggap bisnis online seperti itu. Mereka akan bermalas-malasan untuk berkerja dan hanya menunggu uang masuk (walaupun pada akhirnya nol besar).

Lalu bagaimana seh dunia bisnis online yang sebenarnya???

Dunia bisnis online sebenarnya sama saja dengan bisnis di dunia nyata. Sama-sama perlu kerja keras, perlu semangat, perlu motivasi dan bisa gagal atau bisa rugi atau juga bisa untung. Itu semua tergantung bagaimana pelakunya berusaha dan berkerja.

Tapi temanku bilang kalau dia tertipu di bisnis online???

Yah, namanya juga bisnis. Pasti ada yang memang benar-benar ingin memberikan produk/layanan terbaiknya, tapi kadang ada juga yang hanya ingin mendapatkan keuntungan untuk dirinya pribadi. Saya juga pernah kena tipu di bisnis online, coba deh baca salah satu pengalaman saya, di sini. Jadi sebelum terjun ke bisnis online, mendingan pelajari dulu deh seluk beluk bisnis online di sini, biar gak kena tipuan atau janji-janji manis dari para pembisnis online lainnya.

Back to topik utama deh.

Lalu apa harapan dunia bisnis online untuk mengembangkan kemandirian ekonomi di Indonesia?

Dengan adanya potensi usaha melalui dunia maya, saya harap angka pengangguran di Indonesia dapat berkurang, karena secara tidak langsung, dunia internet telah membuka peluang/lapangan kerja yang sangat besar dengan jangkauan yang luas untuk para muda-mudi bangsa. Kalau angka pengangguran berkurang, pasti tingkat ekonomi bangsa ini akan naik drastis kan??

Sekian deh artikel yang berisi opini saya tentang bisnis online. Tapi sebelum saya tutup, saya mau memberikan beberapa rekomendasi website yang layak dan yang tidak layak untuk dijadikan tempat/sarana belajar buat temen-temen yang ingin belajar bisnis online. Penilaian yang saya lakukan terhadap web-web tersebut bersifat objektif, jadi saya sudah membaca dan mempelajari materi yang ada di dalamnya.

Rekomendasi:
www.cafebisnis.com
www.kursusblogger.com
www.belajarmembuatweb.com
www.rahasiablogging.com

Tidak direkomendasikan:
www.formulabisnis.com
www.carabuatfacebook.com
www.carabuatblog.com
www.rahasiapanas.com

Hehehe, mohon maaf neh yah buat para pemilik websitenya. Saya menulis ini, karena saya merasa materi yang ada di websitenya hanya menjual mimpi saja atau ada beberapa di antaranya berisi materi-materi yang sebenarnya bisa didapatkan secara gratis melalui mbah google.

18 comments:

ntar deh ane terjun ke bisnis online,sekarang mempelajarinya dulu biar tambah pinter,thank , samaan sama kang rohman di kolom tutornya, yg lg hangatnya bahas bisnis onlen.

Sory bos..., saya setuju article anda tapi saya tidak setuju anda tidak merekomendasikan Formulabisnis.com karena dari produk SMUO P.Joko Susilo itulah saya jadi jau segala hal tentang Bisnis Online dan saya yakin tumbuhnya Owner2 baru bisnis online di Indonesia banyak yang karena motivasi dan tutorial Ebook beliau.
Saya anggap beliau pelopor Bisnis Online Di Indonesia.

Saya bukan siapa2nya tapi hanya pengagumnya beratnya seperti saya mengagumi Bpk.Mario Teguh

Salam Willianto yang hebat ,Artikel yang sangat mempesona dan sekaligus info yang bermanfaat serta kritikan pedas terhadap mereka yang tidak anda rekomendasikan untuk dipelajari disebabkan ebooknya penuh janji alias menjual mimpi.

Tetapi menurut saya seseorang tidak akan berhasil jika tidak ada impian oleh sebab itu bukannya salah pemilik web nya tetapi bagaimana mereka menyikapi isi web tersebut.

Bisnis online membutuhkan kerja keras dan sangat mudah dan keduanya memang benar,nah mari kita saling membagi info tetapi jangan saling menyalahkan,menyesatkan dan media blog ini merupakn pembelajaran untuk mengkoreksi diri.Saya rasa sekian komentarnya dan salam sukses selalu buat salah satau web developer freelance Indonesia muda....

@ abinya syafiq : hehehe... iya mas silakan, ditunggu deh kabarnya di dunia internet marketing..

@ SaputraMZ : iyah, setiap orang pasti ada perbedaan pendapat pa. Saya jga salah satu penggemar beratnya pak Joko Susilo, tapi bukan karena produk SMUO nya. Melainkan konten blognya yang selalu update dan memotivasi jg produk rahasiablogging nya.

Kalau menurut pendapat saya pribadi, ebook di formula bisnis tuh terlalu menjual mimpi (baca teori).

@ Urai Banjarsari,S.Pd : Setuju pa, "bukannya salah pemilik web nya tetapi bagaimana mereka menyikapi isi web tersebut"...
trims pa.

Ulasan yang mantaps gan... benar2 bisa di jadikan referensi oleh para newbie...

Mari berbisnis online dengan hati....

pemaparan yang bagus mas. salam kenal, kebetulan saya baru ikutan ngeblog juga nih

@ Kang Mohan : iyah mas, setuju.. bisnis online juga harus pake hati.

@ ajundi14: makaseh mas...

Salam kenal masa Willianto.. Artikel Anda bagus sekali.

Namun pada akhir artikel, saya kurang setuju kalau harus ada penggolongan web yg direkomendasikan dan tidak direkomendasikan. Menurut saya, semua materi yg ada di web bisnis seperti yg Anda sebutkan diatas "semua sudah ada di google". Baik materi di web yg anda rekomendasikan atau tidak itu sama saja. namun pemilik web berusaha memperjelas dan ataupun menambahkan materinya sehingga layak untuk dijual.

Namun penilaian setiap orang berbeda-beda. Saya tetap menghargai Anda. Keep post ^_^

@ Yonni : thanks buat komentarnya mas.

Hello bro, how are u? Btw, i just want to tell you about my blog writing contest named Blogger Borneo Writing Contest 2010. Want to join it, read the detail information at http://www.bloggerborneo.com/blogger-borneo-writing-contest-2010/. Thanks…

salam kenal mas will....

artikelnya mantab... pas banget buat pencerahan bagi yang mau memulai bisnis online , banyak yang "membuat website " untuk mengharapkan hasil instan akhirnya berujung kecewa. bisnis online sangat ketat persaingannya ,memang banyak yang menawarkan cara mudah sukses di bisnis online tapi percayalah ga ada bisnis yang sukses tanpa usaha,kerja keras dan ketekunan

setiap orang punya rekomendasi yang berbeda bagus atau tidaknya tergantung bagaimana menyikapinya tapi selama hal itu untuk membangun kesuksesan bersama ayo kita dukung .....

Untuk kedepannya, blogger bukan hanya dianggap sebagai sesuatu yang iseng dilakukan namun akan diakui sebagai karir yang menjanjikan.

sip :)
bnyk yang ngira bisnis online itu gampang.. ya.. kalo dipikir2, gampang soalnya cuma tinggal duduk, ga perlu biaya transport.. Tapi sama aja promosi, marketing, ngatur macem2nya tetep butuh kesabaran + ketelitian :D

@ Blogger Borneo : i'm fine sir. thanks for your info, maybe I'll take part of it.

@ website frontpage : Setuju gan. ga ada bisnis yang sukses tanpa usaha,kerja keras dan ketekunan. Nice statement.

@ Dwi Wahyudi : Amin, dengan begitu akan terbuka lapangan kerja yang sangat luas sbg blogger.

@ buxbag PTC : bener tuh.

@ pembasmi dan pengendali hama : terima kasih gan..

Sebelumnya selamat karena blognya masuk dalam nominasi 8 besar kontes blog Kursus Blogger. Cuma kali ini saya hanya ingin sedikit memberi masukan mengenai tulisan REKOMENDASI dan TIDAK DIREKOMENDASIKAN yang ada dalam postingan ini. Saya sendiri tidak ada kaitan dengan semua link tersebut, hanya saja agak merasa bagaimana aja membacanya. Demikian harap maklum ya mas...

Keren nih blog nya..., kalau saya sih gak masalah soal rekomendasi dan tidak. Cuma selama saya belajar Internet Marketing itu setau saya yang terbaik hanya di Asian Brain miliknya Ane Ahira.

Bukan memuji tp emank itulah acungan 2 jempol saya buat Ane Ahira yang menjual produk dengan serius, jelas dan detail.

Post a Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner