Unsecured debt consolidation loan


Sunday, 7 February 2010

Membuat Form Kontak Dengan PHP

Sori neh dah lama gak ngurus neh blog, soalnya keasikan maen PB (Point Blank). Tapi akhirnya sempet juga buat artikel baru lagi. Artikel ini berhubungan dengan php, jadi kita membutuhkan server web localhost untuk menjalankan hasilnya. Kalau sobat-sobat belum punya server web localhost, coba deh baca cara buatnya di sini.


Kalau udah punya, kita akan coba buat form kontak menggunakan php.
Konsepnya hampir sama dengan menggunakan emailmeform (klik disini, untuk membaca). Kita akan membuat 2 buah file. File yang pertama berisi form HTML dan yang kedua berisi kode php untuk memproses data dari form HTML.

Kita akan beri nama, file HTML-nya dengan nama "form.html", yang isinya adalah kode berikut.

<html>
<head>
<title>FORM KONTAK</title>
</head>
<body>
<form action='proses_form.php' method='post'>
<table border=0 cellpadding=4>
<tr><td>Nama:</td><td><input type='text' name='nama'></td></tr>
<tr><td>Email: </td><td><input type='text' name='email'></td></tr>
<tr><td>Subjek:</td><td><input type='text' name='subjek'></td></tr>
<tr><td>Pesan: </td><td><textarea name='pesan' cols='10' rows='5'></textarea></td></tr>
<tr><td colspan=2><input type='submit' value='KIRIM'></td></tr>
</table>
</form>
</body>
</html>

Saya rasa sobat udah ngerti fungsi dari kode di atas, kalau belum silakan pelajari di sini.
Sekarang kita akan membuat file PHP untuk memproses data dari form HTML di atas. Kita akan beri nama file tersebut dengan "proses_form.php", karena pada form kita isikan actionnya ke file "proses_form.php". Berikut adalah isi dari file "proses_form.php".

<?php
//dapatkan data
$nama=$_POST['nama'];
$email=$_POST['email'];
$subjek=$_POST['subjek'];
$pesan=$_POST['pesan'];

$tujuan="wilianto.indra@gmail.com"; //ganti dengan email anda
$header="From: $email";

//kirim
mail($tujuan, $subjek, $pesan, $header);
echo "Pesan anda sudah berhasil terkirim";
?>

Simpan di folder yang sama dengan file "form.html". Pertama-tama kita dapatkan/tampung data yang diisikan user pada file form.html dengan metode $_POST. Lalu kita buat tujuan emailnya, dalam contoh di atas, saya menggunakan email saya untuk menerima pesan dari user. Anda bisa menggantinya dengan email anda. Lalu kita buat header email, agar kita bisa dengan mudah membalas pesan tersebut.

Dan yang terakhir, kita menggunakan fungsi mail() untuk mengirimkannya ke email tujuan. Penulisan fungsi mail(), memiliki format seperti berikut.

mail(email_tujuan, subjek_email, isi_email, header_email);

Tapi kalau anda mencobanya dari server localhost, mungkin akan muncul pesan error. Itu dikarenakan anda belum menginstall mail server di komputer anda. Tapi kalau dicoba di server sebenarnya, maka pesan akan benar-benar terkirim ke email tujuan.

Akhir kata selamat mencoba.

21 comments:

bozz ,, mw nanyak nie ,, tujuan membuat server local host apa ya. . ??
trima kasih. . .

@Muhammad Chandra: biar script phpnya bisa dijalanin....

bozz ,, buat filenya di mana ya. . . ??? di notepad ya. . ?? saya kurang ngerti. .

@muhammad chandra: iya, tapi di save as typenya all files, terus dikasih "embel-embel" *.php dan *.html...

sudah saya coba mas. . .terus apa lagi yang harus saya perbuat. . ??

kelihatanya menarik sob untuk di coba kapan kapan balik lagi buat nyoba ahhhh lama dah main gituan...
thanks infonya sob salam sejahtera untuk anda

ko g bisa berjalan ya sob??
apa ada yg salah???

-Web Wiliantoindrawan" semoga web anda exis selamanya...amin.

BOS KASIK TAHU DOANG PANDUAN MENGGUNKAN HOSTING 000SPACE MHON BANTUANNYA TKS

SALAM ZAENUL ARIPIN

HTTP://WWW.INVESTASI-SUCCESS.BLOGSPOT.COM

wow, lumayan bagus nih tutorialnya. .
thanks for sharing. . .
:D

bos mau tanya dong saya dah buat tapi ngga bisa di gunakan

waktu kita upload ke server, apakah perlu seting data base di cpanel ?
'thku'
kariadi

kalo yang pake kode biar gak bisa spam ada?

salam kenal Bro, kalo paka trik ini , email dr pengunjung bisa langsung masuk ke email kita ? misalnya masuk ke ...@gmail.com? Terima Kasih

Terima kasih telah menambah pengetahuan pemprograman bagi saya yang masih belajar ini.

lo disisipi file attachment bisa kaga?????

Kalau mau buat required form gimana?

Post a Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner