Unsecured debt consolidation loan


Saturday, 5 December 2009

Tutorial Php 1

Sebelum memulai tutorial php yang pertama, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan sebelumnya. Diantaranya adalah server localhost dan phpmyadmin (untuk media penyimpanan data). Anda bisa mendapatkannya secara gratis di sini .


Dan silakan download cara menginstallnya disini.
NOTE: Setelah download, ikutin tutorialnya dari halaman 3 sampai halaman 6 saja.

Sekarang saya anggap anda sudah selesai menginstallnya. Jadi langsung saja kita mulai dengan file php kita yang pertama. Tapi, buat dulu folder baru di dalam direktori c:\xampp\htdocs dengan nama "tutorial".

Penulisan kode php selalu diawali dengan tag <?php dan selalu diakhiri dengan tag ?&gt, dan jika kita ingin mencetak sesuatu ke layar maka kita harus menggunakan perintah echo. Setelah suatu statement/perintah selesai kita buat maka kita harus menandainya dengan tanda titik koma (;)

OKE, sekarang mari kita coba dengan file php pertama kita, buka notepad atau php editor lainnya yang anda miliki. Lalu ketikan kode berikut:

<?php
echo "Ini adalah website php pertamaku";
?>

Setelah selesai, silakan simpan dengan nama "pertama.php". Ingat!!! Simpannya jangan di sembarang direktori, karena file tidak akan dapat berfungsi. Simpanlah di direktori c:\xampp\htdocs\tutorial atau sesuai dengan direktori tempat anda menginstall sever localhost.

Silakan buka filenya melalui browser dan ketikan pada address barnya http://localhost/tutorial , karena kalau dibuka langsung gak akan bisa (berbeda dengan file HTML).

Pada script kode di atas, kita awali dengan tag <?php lalu kita beri perintah echo agar browser mencetak teks "Ini adalah website php pertamaku",setelah selesai perintah echo maka kita berikan tanda titik koma (;), sebagai tanda berakhirnya suatu perintah .Kita akhiri dengan tag ?>, yang menandakan bahwa selesainnya script kode php.

Sekarang kita coba dengan file kedua kita. Silakan ketikan kode di bawah ini:

<?php
$utama="Ini adalah website php pertamaku";
echo $utama ;
?>

Simpanlah dengan nama "kedua.php" di dalam folder yang sama dengan file "pertama.php".

Hasil yang akan ditampilkan di dalam browser akan sama dengan hasil dari file "pertama.php". Karena kita memberikan isinya pada variabel $utama, lalu perintah echo mencetak $utama ke layar.

Oke.. Sekian dulu deh tutorial php kali ini, tunggu tutorial lainnya dari blog ini (udah pegel jari-jarinya, hehehe).
Biar gak ketinggalan update, silakan isikan email anda pada form "Langganan Artikel via Email", saya akan kirimkan update-update terbaru dari blog ini. GRATIS!!

0 comments:

Post a Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner