Unsecured debt consolidation loan


Wednesday, 16 December 2009

Membuat Submit Button Berupa Gambar (HTML)


Hai, selamat datang. Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan sebuah pertanyaan dari teman saya di facebook. Dia bertanya bagaimana cara membuat submit button berupa gambar. Nah setelah itu saya mencoba cari caranya.


Dan akhirnya saya mendapatkan 2 buah cara. Yang pertama dengan menggunakan HTML dan yang kedua menggunakan Javascript.

Namun jika kita menggunakan javascript akan lebih bagus hasilnya, karena kita bisa menggunakan onmouse over. Jadi setiap kali kursor diletakan di atas gambar, maka gambar akan berubah. Namun jika kita menggunakan HTML, hasilnya akan lebih terbatas dibandingkan dengan menggunakan Javascript.

Tapi pada postingan kali ini, kita akan menggunakan HTML saja dulu. Oke, langsung saja kita coba.

Pertama buat file dengan nama img_btn1.htm, yang isinya kode di bawah.

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Image_Button</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
<form action='kirim.php' method='post'><br>
<table border='0'><br>
<tr bgcolor='#cccccc'>
<td>Nama: </td>
<td><input type='text' name='nama'></td>
<td><input type="image" src="gambar1.jpg" alt="Submit button"></td>
</tr>
</table>
</form>
</BODY>
</HTML>

Fungsi intinya adalah baris <td><input type="image" src="gambar1.jpg" alt="Submit button"></td>
untuk membuat input berupa gambar.

Lalu kita akan buat file kirim.php yang akan digunakan untuk memproses file img_btn1.htm. Berikut adalah isi kodenya.

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Namaku</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
<?
$nama=$_POST['nama'];
echo 'Namaku adalah '.$nama;
?>
</BODY>
</HTML>

File ini akan kita gunakan untuk menampilkan hasil dari form.
Namun, seperti pada penjelasan sebelumnya, file HTML ini tidak dapat kita gunakan untuk membuat hover link.


Kita akan membahas pembuatan submit button berupa gambar dengan menggunakan javascript pada tutorial berikutnya. Jadi, jangan lupa masukan alamat email anda pada form "Langganan Artikel via Email", untuk mendapatkan info tutorial terbaru dari blog ini.




5 comments:

Saya koq kurang paham ya masalah beginian, saya punya 3 situs bisnis...semuanya saya bangun tanpa memahami bahasa pemrograman kya gini.

g bisa nie aku coba... alt="Submit button" tu apa?

Post a Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner